PLN & YCAB akan Beri Diskon Pelanggan 900 VA & 1.300 VA Terpilih, Update Token Listrik Gratis


SURYA.co.id - Simak update terbaru tentang kebijakan token listrik gratis melalui login di www.pln.co.id hari ini, Kamis 23 April 2020.

Kebijakan listrik gratis PLN ini cukup menjadi sorotan lantaran sangat membantu masyarakat yang kini terdampak wabah virus corona atau covid-19.

Namun, listrik gratis PLN ini hanya berlaku untuk pelanggan 450 VA bersubsidi serta diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA bersubsidi.

Update kabar terbaru menyebutkan sebuah gerakan sosial akan memberikan diskon listrik untuk pelanggan 900 VA nonsubsidi dan 1.300 VA.

Yayasan Cinta Anak Bangsa ( YCAB) Foundation yang didukung penuh oleh PLN, menginisiasikan gerakan "Light Up" Indonesia, yakni Gerakan sosial untuk mendonasikan biaya listrik bagi puluhan juta masyarakat prasejahtera.

Inisiatif ini dihadirkan sebagai lanjutan setelah bantuan yang dihadirkan oleh pemerintah melalui PLN.

Sekaligus dalam rangka memunculkan semangat Hari Kartini "habis gelap terbitlah terang."

Donasi yang dikumpulkan melalui gerakan "Light Up" Indonesia akan menyasar pelanggan PLN 900 VA hingga 1300 VA di kalangan masyarakat prasejahtera yang belum terbantu dari subsidi pemerintah.

Seperti dilansir dari Kompas dalam artikel 'YCAB Ajak Masyarakat Donasi Listrik, Bantu Keluarga Terdampak Covid-19'

Founder & CEO YCAB Foundation Veronica Colondam mengatakan, listrik menjadi salah satu biaya rumah tangga yang selalu keluar setiap bulannya.

Sehingga dengan adanya bantuan biaya listrik, diharapkan anggaran rumah tangga dapat disimpan untuk kebutuhan pokok yang lebih mendesak.

"Ayo masyarakat melawan kegelapan corona ini dengan membawa terang, dengan cara membantu membayar rekening listrik (masyarakat prasejahtera)," ajak Veronica dalam konferensi daring, Rabu (22/4/2020).

Mulai dari Rp 20.000, masyarakat sudah dapat berkontribusi untuk "menerangi" sesama. Partisipasi donasi dapat dilakukan dengan mengunjungi situs www.lightup.id.

Agar lebih tepat sasaran, donasi uang dari masyarakat akan diberikan langsung ke PLN.

Sehingga keluarga terpilih akan mendapatkan bantuan biaya listrik sebesar Rp 100.000 dalam bentuk token (prabayar) ataupun voucher (pascabayar).

"[Alurnya] pendonor, yayasan, PLN untuk membayarkan rekening token. Jadi bersih, langsung masuk ke rumah yang dituju dan tepat sasaran," ujar Veronica.

Target penerima donasi di tahap awal ialah 100.000 keluarga prasejahtera, yang terbagi atas dua komunitas.

Komunitas pertama ialah 40.000 ibu-ibu pelaku usaha mikro di kawasan Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Lampung.

Ibu-ibu ini merupakan binaan YCAB Ventures yang menopang biaya hidup akibat ekonomi keluarga yang terdampak corona.

Lalu, komunitas kedua adalah 60.000 masyarakat umum yang merasa membutuhkan bantuan keringanan tagihan listrik.

Untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan, dapat segera mendaftar pada awal Mei 2020 berdasarkan pendaftaran ID pelanggannya melalui situs "Light Up" yang dikembangkan oleh PT Glotech Prima Vista (Do-It).

“Merupakan suatu kebanggaan bagi Do-It dapat dipercaya oleh PLN dan YCAB untuk mendukung gerakan ini dari segi teknologi.

Penyaluran donasi nantinya akan dilakukan secara digital bekerja sama dengan OVO. OVO berperan penting dalam menyalurkan subsidi pembayaran bagi pengguna PLN pasca-bayar secara tepat dan aman.

Kami harapkan program Light Up dapat mendukung upaya pemerintah dalam meringankan beban masyarakat,“ ungkap CEO Do-It Jennifer Claudia, dalam kesempatan yang sama.

Senior Executive Vice President Bisnis & Pelayanan Pelanggan PLN, Yuddy Setyo Wicaksono mengatakan, PLN sangat mengapresiasi gerakan Light Up Indonesia.

"Pada situasi seperti ini, semua bantuan yang dihadirkan bagi masyarakat memberikan tambahan semangat untuk dapat melalui masa-masa sulit.

PLN terlibat langsung membantu dalam penyaluran bantuan ini kepada pelanggan yang menjadi target penerima donasi," imbuh Yuddy.

Diberitakan sebelumnya, pelanggan PLN 900 VA nonsubsidi dan 1.300 VA sudah diwacanakan untuk mendapat diskon atau keringanan.

Melansir dari Kompas TV, rencana memberikan keringanan untuk pelanggan PLN 900 VA nonsubsidi dan 1.300 VA diungkapkan oleh Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini.

Hal ini menyusul banyak kritik dan saran yang ditujukan ketika PLN memutuskan memberi diskon dan token listrik gratis untuk pelanggan golongan 450 VA dan 900 VA.

“Kami terus memonitor pelanggan rentan yang menggunakan listrik golongan 900 VA nonsubsidi dan 1.300 VA,” kata Zulkifli dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) virtual dengan DPR RI.

Lebih lanjut, Zulkifli menyebut, rata-rata biaya tagihan listrik yang dibayar oleh pelanggan golongan 900 VA nonsubsidi sebesar Rp190.000 per bulan.

Sedangkan biaya tagihan listrik pelanggan golongan 1.300 VA rata-rata mencapai Rp450.000 per bulan.

PLN pun baru bisa memperoleh gambaran mengenai pelanggan-pelanggan mana saja yang akhirnya terdampak Covid-19 pada 20 April.

Pasalnya, tanggal 20 di setiap bulan merupakan batas akhir pembayaran tagihan listrik PLN.

“Kalau sudah 20 April kita bisa tahu berapa banyak pelanggan 900 VA dan 1.300 VA yang betul-betul kesulitan membayar listrik. Nanti akan kami bagikan datanya,” ujar Zulkifli.

Data tersebut nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan bagi PLN yang tentunya berkoordinasi dengan pemerintah untuk kelanjutan kebijakan keringanan tarif listrik.

Namun demikian, Zulkifli mengakui kondisi saat ini belum memungkinkan bagi PLN untuk memperluas insentif tarif listrik dalam skala besar dengan menyasar pelanggan sektor bisnis dan industri.

“Kalau insentif skala besar, sudah pasti PLN tidak akan mampu melaksanakannya karena balance sheet kami tidak bisa,” ucap Zulkifli.

Sumber : surabaya.tribunnews.com

8 Responses to "PLN & YCAB akan Beri Diskon Pelanggan 900 VA & 1.300 VA Terpilih, Update Token Listrik Gratis"

  1. Mudah2an saya dapet potongan listriknya ,biar gx berat bayar nya .soalnya dagangan lgi sepi.

    ReplyDelete
  2. Mudah mudahan saya dapat potongan juga,karena tiap bulan sebelum corona pun sy sangat kesulitan.membayar listrik

    ReplyDelete
  3. Mudah mudahan saya dapat potongan juga,karena tiap bulan sebelum corona pun sy sangat kesulitan.membayar listrik

    ReplyDelete
  4. Maaf bapak/ibu saya mau tanya,kode vocer gratis yang sudah saya dapat itu untuk 3 bln,apa setiap bln nnya harus di cek ulang?

    ReplyDelete
  5. Sebenernya juga sama lagi kesulitan dalam bekerja/berjualan.klo yang 900v nonsubsidi pas tgl pembayaran pajak ya diusahakan.karena kehidupan sehari-hari daya listrik itu penting.

    ReplyDelete
  6. Sebenernya juga sama lagi kesulitan dalam bekerja/berjualan.klo yang 900v nonsubsidi pas tgl pembayaran pajak ya diusahakan.karena kehidupan sehari-hari daya listrik itu penting.

    ReplyDelete
  7. Mudah mudahan saya termasuk yang mendapat potongan karena saat seperti ini saya kesulitan byr listrik hrs pinjam dulu untuk membayarnya

    ReplyDelete
  8. Semoga saya juga dapat bantuan diskon listrik 900v biar lebih ringan Aamiin,saya ngotrak penghasilan minim hrs bayar listrik mahal banget

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel